![]() |
HMSI |
Megatrend – Bisnis karoseri bukan bisnis ecek-ecek di negara kita. Karena dengan karoseri semua bisa lebih mudah untuk melakukan berbagai macam usaha mulai dari berjualan, angkutan umum sampai hal-hal penting seperti ambulans maupun kendaraan pemadam kebakaran. Beragam karoseri membuat mobil-mobil penting ini dengan kualitas bodi terbaik guna menopang daya muat kendaraan agar usaha yang dijalankan pembeli bodi berjalan lancar.
Maka dari itu, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyelenggarakan Bodymaker Awarding 2025 di GIIAS 2025. Acara ini merupakan apresiasi Hino kepada perusahaan-perusahaan karoseri yang dijalankan sejak 2018. Tidak sembarang penilaian dilakukan Hino, karena tiap karoseri wajib memastikan kualitas bodi kendaraan sesuai standar Hino dari sisi desain, pemasangan, inspeksi, hingga layanan purna jual.
Melalui tema “Bersama Menuju Kualitas Kendaraan yang Lebih Baik”, acara penting ini mengundang beberapa mitra penting dalam menghasilkan kendaraan Hino yang tidak hanya andal secara performa, tetapi juga unggul dalam kenyamanan dan keamanan bodi kendaraan.
"Kami percaya bahwa kualitas kendaraan Hino tidak hanya ditentukan oleh mesin dan rangka saja, tapi juga oleh hasil akhir dari proses bodi kendaraan. Oleh karena itu, kami sangat menghargai peran serta karoseri dalam menjaga dan menyempurnakan kualitas kendaraan kami di mata konsumen," ujar Susilo Darmawan, Sales Director HMSI.
Tidak sembarang Hino menilai perusahaan karoseri yang ikut dalam penganugerahan ini. Proses penilaiannya dilakukan berdasarkan sejumlah KPI utama, yaitu desain, kepatuhan terhadap body mounting manual, proses pre delivery inspection (PDI), kelengkapan administrasi, serta kesiapan layanan after sales.
Setelah melalui proses panjang, Hino akhirnya akan memilik karoseri terbaik berdasarkan tiga kategori yaitu Hino 500 Standardization, Hino Bus Standardization, dan Renewal Standardization Hino 500 & Bus.
Sebanyak 20 karoseri terbaik berhasil meraih penghargaan tahun ini, antara lain: CV Delima Mandiri, CV Nugraha Mitra Sejati, CV Surya Indah Pratama, CV. Tri Sakti, PT Adiputro Wirasejati, PT Adhikarya Perkasa, PT Alfaraya Mitraniaga, PT Gunung Mas Bersinar, PT Laksana Bus Manufactur, PT Mega Trukindo Utama, PT Mekar Armada Jaya, PT Metalindo Teknik Utama, PT Mitra Juang Majubersama, PT Nugraha Estetika Permai, PT Remaja Bengkel, PT Remaja Prima Engineering, PT Sukses Tunggal Mandiri, PT Sumber Karya Abadi Indonesia, PT Tentrem Sejahtera, dan PT Usaha Teknik Indonesia.
Kesemua karoseri ini tidak hanya mendapat sertifikat, tetapi juga mendapatkan benefit berupa rekomendasi resmi ke jaringan dealer Hino di seluruh Indonesia serta akses pelatihan lanjutan dan pemanfaatan sistem digital seperti aplikasi Portal dan PDI App dari Hino.
Acara ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus tukar ilmu dari Hino kepada industri karoseri agar makin memantapkan diri untuk membuat armada lebih baik. Nantinya, Hino akan mengembangkan kemitraan ini ke arah lebih baik seperti pengembangan produk bersama dan pelatihan teknis bersertifikat yang dirancang untuk menjawab tantangan kebutuhan bisnis pelanggan.
“Bodymaker Awarding 2025 tidak hanya tentang penghargaan, tetapi juga tentang menjaga kepercayaan pelanggan dan memperkuat rantai pasok kendaraan niaga berkualitas tinggi di Indonesia. Karena bagi Hino, Total Support adalah janji dan komitmen yang dihidupi dari mesin, bodi, hingga layanan after sales” tutup Susilo.
Post a Comment