.jpg) |
TAM |
Megatrend— Toyota GAZOO Racing (TGR), motorsport brand di bawah naungan PT Toyota-Astra Motor (TAM), kembali meramaikan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 dengan menampilkan GR Yaris Rally2 sebagai senjata terbaru TGRI, serta meluncurkan Corolla Altis GR Sport dengan teknologi Hybrid EV yang melengkapi lineup sedan Toyota. Lewat momentum ini, GAZOO Racing menegaskan komitmen making-ever-better motorsport-bred cars dan memperluas ekosistem berbasis performa. Menghadirkan semangat motorsport lebih dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia.
"Meskipun elektrifikasi terus mendominasi pembicaraan di GIIAS 2025, PT Toyota-Astra Motor (TAM) ingin menekankan aspek penting lain dari mobilitas, yakni passion. Lewat GAZOO Racing, kami menghadirkan semangat, kebahagiaan, dan gaya hidup yang terinspirasi dari dunia motorsport dalam setiap perjalanan," kata Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
“GAZOO Racing tidak hanya memproduksi mobil, kami menciptakan pengalaman. Ini adalah cara kami membawa warisan motorsport Toyota ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia," ucap Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM). TAM terus memperkuat komitmennya terhadap GAZOO Racing melalui tiga pilar utama: Motorsport, Product, dan Community, yang secara sinergis membentuk ekosistem GR di Indonesia.
Pilar Motorsport atau balap menjadi fondasi utama, di mana semangat kompetitif dan pembelajaran teknis dari ajang balap global diterapkan langsung dalam pengembangan kendaraan. Di Indonesia, GR tidak hanya hadir sebagai peserta di kejuaraan nasional dan regional, tetapi juga berkontribusi memajukan dunia motorsport Tanah Air. Pada momen GIIAS 2025, ikut hadir jajaran pembalap Toyota GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang akan berlaga pada musim 2025 di kategori Slalom, Touring Nasional dan Regional, Rally, Sprint Rally, serta Asia Cross Country Rally.
Pilar Product menegaskan komitmen GR dalam menghadirkan kendaraan sporty dan berperforma tinggi yang tetap fungsional dan relevan untuk kebutuhan harian. Saat ini, GR menawarkan 15 model di Indonesia, termasuk empat varian GR Pure: GR Yaris, GR Supra, GR86, dan GR Corolla, serta model-model GR Sport dan GR Parts yang menjadi bukti nyata excitement dari dunia motorsport dapat diakses oleh siapa pun.
Pilar Community menjadi fondasi sosial dari GR, yang mewadahi gaya hidup para penggemar motorsport dan otomotif secara general. Melalui GR Garage, TAM menghadirkan pusat komunitas berkonsep one-stop destination, tempat di mana pengunjung bisa menikmati layanan modifikasi dan tuning kendaraan, menjajal simulator balap, serta bersantai di café bertema balap yang berlokasi Pantai Indah Kapuk 2, Tangerang, Banten.
Sebagai perluasan jangkauan komunitas, TAM juga menghadirkan 28 GR Zone yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia melalui jaringan dealer resmi. GR Zone berperan sebagai titik temu komunitas lokal sekaligus sarana edukasi dan showcase produk-produk GR kepada publik yang lebih luas. Lewat ketiga pilar ini, Toyota terus memperluas makna Joy of GR agar tidak hanya menjadi slogan, tetapi bagian yang terus tumbuh bersama kultur otomotif Indonesia.
"GAZOO Racing mewakili cara kami membawa warisan motorsport Toyota selama puluhan tahun ke dalam sesuatu yang dapat dirasakan oleh semua orang, baik saat Anda mengemudi di sirkuit maupun dalam lalu lintas kota sehari-hari. Berbagai product, dan juga rangkaian kegiatan dan wadah community yang kami hadirkan adalah cara kami untuk menjadikan semangat motorsport sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari di Indonesia," tutur Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Sebagai wujud konkret dari pilar Product, GR menghadirkan inovasi kendaraan yang tidak hanya mengedepankan performa, tetapi juga relevan dengan kebutuhan berkendara masa kini. Salah satunya adalah peluncuran sedan hybrid sporty Corolla Altis HEV GR Sport di GIIAS 2025. Sebagai representasi evolusi dari model legendaris, mobil ini dilengkapi dengan:
• Bumper depan dan spoiler belakang yang dirancang ulang untuk aerodinamika yang lebih baik dan stabilitas berkendara
• Interior sporty berwarna hitam dengan aksen merah, dilengkapi dengan jok yang dilapisi campuran Black Plain Suede dan Red Perforated Suede
• Electronic power steering yang telah di-tuning langsung oleh GR untuk memberikan kendali yang lebih presisi dan kenyamanan maksimal di berbagai kondisi jalan.
Hadirnya Toyota Corolla Altis HEV GR Sport merupakan salah satu cara untuk menegaskan bahwa GAZOO Racing bukan hanya tentang performa, tetapi tentang menghadirkan pilihan, pengalaman, dan semangat yang dapat menjangkau semua orang. Melalui pendekatan menyeluruh dari motorsport, product, hingga community, GAZOO Racing terus berkembang menjadi bagian nyata dari gaya hidup otomotif di Indonesia.
Tidak hanya itu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan wajah baru aplikasi mTOYOTA di momen GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 untuk memperkuat integrasi, konektivitas, dan kenyamanan secara menyeluruh bagi pemilik dan calon pembeli solusi mobilitas dari Toyota. Tidak hanya itu, pada kesempatan ini, Toyota juga memperkenalkan layanan Hybrid Health Check untuk kendaraan elektrifikasi serta lini produk baru dari T-OPT untuk memudahkan penggantian suku cadang. Solusi komprehensif ini merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk memberikan ketenangan atau peace of mind bagi pengguna.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide menjelaskan bahwa mTOYOTA versi baru adalah wujud nyata komitmen Toyota dalam menghadirkan ekosistem yang komprehensif bagi pengguna. “Dengan semangat #TOYOTAInYourHands, aplikasi ini hadir sebagai go-to app untuk pengalaman kepemilikan kendaraan yang reliable, dan connected. Kami ingin memastikan bahwa Toyota mampu memberikan seamless ownership experience bagi para pelanggan dan juga dealer,” ujar Hiroyuki Oide.
Dari segi keandalan, kini, pengguna dapat menggunakan mTOYOTA bahkan sebelum membeli mobil dengan mencari dealer resmi Toyota berdasarkan jarak, histori kegiatan, hingga dealer favorit. Setelah membeli unit, dengan platform yang terintegrasi secara luring dan daring, pengguna dapat menggunakan fitur-fitur seperti pemesanan layanan servis (Service Booking) serta pemantauan status servis secara berkala (Monitor Service Progess), semua langsung dari satu platform.
Toyota juga memperkuat konektivitas kendaraan melalui fitur T-Intouch, sehingga pengguna tetap terhubung dengan mobil mereka serta menikmati berbagai fitur telematika demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Aksesibilitas fitur ini terbukti dengan jumlah penggunanya yang terus meningkat selama tiga tahun ke belakang. Fitur ini semakin diperkuat melalui kerja sama dengan Telkomsel sebagai penyedia In-Car Wi-Fi Hotspot dan IoT Connected Car.
Sebelumnya, pengguna harus mendatangi dealer untuk memperpanjang langganan T-Intouch. Kini, proses tersebut menjadi lebih mudah melalui aplikasi AstraPay. Cukup dengan memasukkan nomor rangka kendaraan dan melakukan pembayaran, layanan T Intouch akan langsung aktif kembali selama satu tahun. Ke depannya, pilihan online channel untuk perpanjangan langganan T Intouch ini akan terus bertambah sehingga Toyota dapat mengakomodasi preferensi dari lebih banyak pelanggan.
Selain untuk konsumen individu, Toyota juga memiliki G-Fleet, sebuah sistem manajemen armada berbasis cloud untuk business-to-business (B2B) yang dirancang dengan konsep simple dan ekonomis untuk membantu operasional bisnis sehari-hari.
Dengan semakin banyaknya model kendaraan elektrifikasi yang dikeluarkan oleh Toyota sebagai bagian dari strategi multipathway, kini Toyota juga mendukung para pengguna melalui Hybrid Health Check. Layanan ini memastikan performa kendaraan elektrifikasi Toyota selalu dalam kondisi prima dengan pengecekan baterai secara gratis untuk kendaraan Hybrid termasuk Battery EV dengan rentang usia 3-5 tahun atau 50.000-100.000 Km setiap servis berkala di bengkel resmi Toyota.
Terdapat tiga komponen yang akan diperiksa, yakni pengecekan Diagnostic Trouble Code (DTC) untuk mendeteksi isu pada komputer mesin, Hybrid Battery untuk memastikan baterai kendaraan dalam kondisi layak (termasuk tegangan internal, resistensi, temperatur, dll), dan Visual Check oleh teknisi tersertifikasi Toyota yang memeriksa kondisi fisik komponen penting, seperti konektor, kabel, dan tanda kerusakan lainnya yang tidak terdeteksi secara digital.
Dalam momen GIIAS 2025 ini, Toyota juga menambah lini produk untuk T-OPT sebagai solusi perawatan kendaraan dengan menyediakan suku cadang yang paling sering diganti, berkualitas, namun tetap terjangkau. Selama 3 tahun pertama (atau 60.000 km), pelanggan dapat memanfaatkan program T-Care gratis biaya jasa dan suku cadang hingga servis ke-7, serta tambahan Extended Warranty 1 tahun (atau 20.000 km) dengan syarat rutin servis di bengkel resmi. Untuk pemilik All New Agya dan New Calya, tersedia dua pilihan. T-Care Lite dengan gratis biaya jasa hingga servis ke-7 dan T-Care Lite Plus yaitu paket hemat suku cadang dari servis ke-2 hingga ke-7. Keduanya tetap memberikan benefit Extended Warranty jika memenuhi ketentuan.
Setelah periode tersebut, pelanggan dapat memilih T-OPT. Tahun ini, T-OPT menambah lini ke komponen sistem kopling, meliputi clutch disc, clutch cover, dan clutch bearing, melengkapi 8 produk sebelumnya seperti air filter, brake pad, oil filter, wiper blade, v-belt, dan fuel filter. Produk T-OPT tersedia di Toyota Part Shop Partner dan dan bengkel OtoXpert yang tersebar di seluruh Indonesia. Ke depannya, T-OPT akan terus dikembangkan untuk menambah tipe parts dan meng-cover lebih banyak tipe mobil untuk menjawab kebutuhan pelanggan.
"Kami percaya bahwa mobilitas masa kini bukan hanya soal kendaraan, tetapi juga tentang bagaimana teknologi dapat menyatu dalam setiap aspek pengalaman berkendara. Dengan integrasi T Intouch dan AstraPay, dilengkapi dengan Hybrid Health Check dan T-OPT yang terus kami perbarui, kami ingin memberikan peace of mind bagi pelanggan kami. Seluruh upaya ini merupakan bagian dari komitmen Toyota dalam mewujudkan visi Mobility for All, dengan menjadi mitra mobilitas masyarakat Indonesia," jelas Jap Ernando, Marketing Director PT TAM.
Fitur lainnya mencakup Track Order Status untuk mengetahui perkembangan pemesanan unit secara real-time, dan Build Your Vehicle yang memungkinkan pengguna menyesuaikan kendaraan sesuai preferensi. Dengan sistem yang mengingat histori dan preferensi pengguna, aplikasi ini juga menghadirkan notifikasi dan pengingat servis secara otomatis untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi optimal.
Post a Comment