Porsche Sukses Kirimkan 212 Ribu Unit Ke Seluruh Dunia, Macan Jadi Unit Dengan Pengiriman Terbanyak

Porsche

 

Megatrend- Merek mobil asal Jerman,  Porsche berhasil meningkatkan secara signifikan proporsi kendaraan elektrifikasi yang terjual dalam sembilan bulan pertama tahun 2025. Total sebanyak 212.509 unit mobil telah dikirimkan kepada pelanggan di seluruh dunia antara Januari hingga September, di mana 35,2 persen di antaranya merupakan kendaraan elektrifikasi (+12,8 poin persentase). Dari jumlah tersebut, 23,1 persen adalah kendaraan listrik, sementara 12,1 persen merupakan plug-in hybrid. Pertumbuhan tertinggi di antara enam lini model Porsche dicatat oleh Macan, yang mencatat peningkatan penjualan sebesar 18 persen. 

Pencapaian ini berkontribusi pada tingginya tingkat elektrifikasi sebesar 56 persen di Eropa (termasuk Jerman). Amerika Utara tetap menjadi pasar terbesar Porsche dengan 64.446 unit yang dikirim, meningkat 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, wilayah Luar Negeri dan Pasar Berkembang mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa dengan 43.090 unit pengiriman dari Januari hingga September. Minat pelanggan terhadap program personalisasi juga terus menunjukkan tren positif. Permintaan terhadap program Porsche Sonderwunsch dan Porsche Exclusive Manufaktur terus meningkat, dengan langkah pengembangan kapasitas yang sedang dilakukan untuk memenuhi permintaan tersebut.

“Porsche terus mempertahankan angka pengiriman yang kuat tahun ini. Pencapaian ini sesuai dengan ekspektasi kami, terutama di tengah kondisi geopolitik dan ekonomi global yang masih penuh tantangan,” ujar Matthias Becker, Anggota Dewan Eksekutif Bidang Penjualan dan Pemasaran Porsche AG. “Dalam beberapa bulan mendatang, pelanggan dapat menantikan berbagai penawaran produk luar biasa dari Porsche. Baru-baru ini kami meluncurkan 911 Turbo S terbaru di ajang IAA — varian tertinggi dari ikon mobil sport kami. Model ini memperkuat inti dari merek Porsche. Permintaan untuk model flagship tersebut sangat tinggi dan telah menerima banyak pujian dari media serta calon pelanggan.”


Amerika Utara tetap menjadi wilayah penjualan terbesar dengan 64.446 unit kendaraan yang dikirim — meningkat 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024. Wilayah Luar Negeri dan Pasar Berkembang juga menunjukkan performa positif, mencatat kenaikan 3 persen sekaligus meraih rekor tertinggi sepanjang masa dengan total 43.090 kendaraan yang dikirim kepada pelanggan di kawasan tersebut.

Di Eropa (tidak termasuk Jerman), Porsche mengirimkan 50.286 kendaraan hingga akhir September, turun 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di pasar domestik Jerman, Porsche mencatat 22.492 pengiriman, menurun 16 persen. Penurunan di kedua wilayah ini sebagian disebabkan oleh periode kuat pada tahun sebelumnya yang dipengaruhi oleh efek pemulihan pasca-2023, serta keterbatasan ketersediaan model 718 dan Macan bermesin bensin akibat regulasi keamanan siber Uni Eropa.

Di Tiongkok, sebanyak 32.195 unit kendaraan dikirimkan kepada pelanggan (-26 persen). Penurunan ini terutama disebabkan oleh kondisi pasar yang menantang, khususnya di segmen mobil mewah, serta tingginya tingkat persaingan di pasar Tiongkok. Fokus utama Porsche di wilayah ini tetap pada strategi penjualan berbasis nilai. Secara global, volume penjualan Porsche dalam sembilan bulan pertama tahun ini tercatat 6 persen lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meski demikian, distribusi penjualan tetap seimbang di seluruh wilayah. Selain itu, Porsche berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di lima dari enam lini model — meskipun kompetisi global semakin ketat.


Dalam tiga kuartal pertama tahun 2025, 64.783 unit Macan telah dikirimkan kepada pelanggan (+18 persen). Lebih dari 55 persen di antaranya — setara dengan 36.250 unit — merupakan varian listrik. Sementara itu, Macan bermesin bensin masih ditawarkan di sebagian besar pasar di luar Uni Eropa, dengan 28.533 unit yang dikirimkan. Antara Januari hingga September, Porsche juga mengirimkan 21.243 unit Panamera, dengan angka yang tetap stabil (-1 persen).

Model ikonik 911 mencatat total 37.806 pengiriman hingga akhir September, turun sedikit sebesar 5 persen. Sementara 718 Boxster dan 718 Cayman mencatat 15.380 pengiriman, turun 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya — terutama karena keterbatasan produksi yang disebabkan oleh regulasi keamanan siber Uni Eropa. Produksi lini model 718 generasi saat ini akan berakhir pada kuartal keempat tahun 2025.

Secara keseluruhan, sebanyak 12.641 unit Taycan bertenaga listrik telah dikirimkan antara Januari hingga September (-10 persen). Untuk Cayenne, angka pengiriman mencapai 60.656 unit, turun 22 persen, sebagian karena efek pemulihan kuat pada tahun sebelumnya. Cayenne listrik dijadwalkan akan diperkenalkan pada kuartal keempat tahun ini, dan akan ditawarkan berdampingan dengan model saat ini yang tersedia dalam pilihan mesin bensin dan plug-in hybrid.

“Dalam beberapa minggu terakhir kami telah mengambil sejumlah keputusan produk yang berorientasi masa depan,” ujar Matthias Becker, Anggota Dewan Eksekutif Bidang Penjualan dan Pemasaran Porsche AG. “Dengan langkah ini, kami merespons beragam kebutuhan pelanggan di seluruh dunia serta perlambatan adopsi mobilitas listrik, sehingga memungkinkan Porsche menjadi lebih fleksibel di tahun-tahun mendatang. Kami memperkirakan kondisi pasar akan tetap menantang, sehingga kami semakin fokus pada pengelolaan permintaan dan pasokan sesuai dengan strategi kami — ‘value over volume’. Selain itu, kami juga terus menanggapi meningkatnya permintaan pelanggan terhadap personalisation kendaraan, dengan memperluas kapasitas di bidang ini melalui program Exclusive Manufaktur dan Sonderwunsch.”

Post a Comment

Previous Post Next Post